South Africa, Traveling

Mendaki Salah Satu Gunung Tertua di Dunia

Screen Shot 2017-08-20 at 10.45.27 AM
City bowl of Cape Town, South Africa

Ketika kita mengunjungi suatu tempat pasti ada sesuatu hal yang dijadikan ikon istimewa dari tempat tersebut.

Cape Town, Afrika Selatan, ikon utama yang sangat terkenal ialah Gunung Meja atau Table Mountain dalam bahasa inggrisnya. Gunung ini sangat besar dan luas (namanya juga gunung ya kan? he he he) jadi dari beberapa sudut pandang kota Cape Town gunung ini akan terlihat. Kenapa gunung ini dinamakan gunung meja? hal itu dikarenakan puncak gunungnya datar seperti meja dan menjadi salah satu bagian dari taman nasional di Afrika Selatan. Dikarenakan ini salah satu ikon terkenal di Cape Town maka gunung ini menjadi salah satu lokasi unggulan tempat wisata di Cape Town.

IMG_2202.JPG
Table Mountain tampak dari puncak Gunung Kepala Singa/ Lion’s Head Mountain

Berapakah usia Gunung Meja/ Table Mountain?

Gunung ini merupakan salah satu gunung tertua di dunia dan enam kali lebih tua dari Gunung Himalaya. Bebatuan di gunung ini kira-kira berumur 600 juta tahun.

Mengapa puncak gunungnya datar?

IMG_20160328_132530566

Ilmuan mengatakan bahwa sekitar 300 juta tahun yang lalu gunung ini masih berada di permukaan laut, selama zaman es dan lapisan es tersebut meratakan lapisan batu pasir yang mana menciptakan permukaan datar yang hari ini kita sebut ‘Table Top”. Saat benua terbagi, tekanan dan tekanan terbangun di kerak bumi. Dan itulah alasan mengapa puncak gunung ini datar.

Cara untuk sampai di puncak gunung

Untuk sampai di puncak gunung ini ada beberapa cara, diantaranya ialah mendaki gunung dengan beberapa jalur yang sudah disediakan atau menggunakan kereta gantung/ cable car, menaiki kereta gantung hanya akan memakan waktu kurang dari 5 menit , kereta tersebut dapat menampung kurang lebih 25 penumpang, harga tiket pun bervariasi tergantung musim dan usia kita. Tetapi kalau kalian senang mendaki bisa juga mendaki dengan jalur yang sudah disediakan oleh pihak taman nasional. Jalur yang paling mudah untuk pemula ialah Platteklip Gorge, jalur ini hanya akan memakan waktu kurang lebih 2 jam dan jalurnya sangat mudah, tidak ada manjat-memanjat 🙂 Untuk pendaki yang sudah profesional atau terbiasa dengan mendaki gunung bisa melewati jalur India Vester. Jalur ini memakan waktu kurang lebih 3 sampai 4 jam.

Keistimewaan untuk mendaki 

Si Neng sudah tiga kali sampai di puncak gunung tersebut dan sudah melewatinya dengan semua jalur yang ada. Menggunakan kereta gantung memang sangat menarik dan sangat cepat, tapi rasanya kurang ‘greget’ kalau naik ke atas gunung tanpa mendakinya secara langsung. Mendaki melalui jalur Platteklip Gorge pun si Neng rasa masi kurang ‘greget’ karna jalurnya bisa dibilang cukup mudah dan litteraly seperti menaiki tangga yang berkelok, ratusan anak tangga lebih tepatnya hanya saja di kelilingi oleh tebing-tebing bebatuan pegunungan. Jalur india Venster sangat mengagumkan, jalurnya memang lebih sulit dan lebih panjang tapi si Neng puas banget karna harus benar-benar mendaki dan memanjat bebatuan besar, harus ekstra hati-hati karna tidak ada pengaman sama sekali.

Tips untuk mendakinya

Kalau menggunakan kereta gantung tidak ada persiapan khusus yang harus disiapkan, hanya cukup membeli tiket, dan istimewanya di atas gunung tersedia Cafe, aneka ragam menu dan minuman yang disediakan bahkan ada tempat khusus untuk membeli oleh-oleh.
Tapi, kalau ingin mendaki tips utamanya ialah bawa air minum yang cukup, baik melalu jalur yang mudah atau sulit, kalau melewati jalur yang sulit dan panjang bawa air minumnya pun harus banyak dan juga bawa buah-buahan atau cemilan karena pasti butuh waktu untuk istirahat sejenak. Untuk melalui jalur yang sulit pastikan kita menggunakan sepatu yang khusus climbing karena banyak harus memanjat bebatuan yang memang cukup terjal.

IMG_20160328_132620712
Melihat keseluruhan kota Cape Town dari atas puncak gunung

Jadiiiiii inilah sedikit informasi tentang salah satu ikon di Cape Town, Afrika Selatan dan juga sedikit informasi buat mencapai puncaknya. Dengan cara apapun itu si Neng rasa untuk menuju puncaknya intinya tetap disyukuri jalannya dan nikmati setiap momentnya dan yang utama ialah selalu menjaga kebersihan!
Semoga infonya bermanfaat yaaaa 🙂

Haturnuhun,

Neng Lita

Xx

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Table_Mountain

4 thoughts on “Mendaki Salah Satu Gunung Tertua di Dunia”

    1. Hi Mba 🙂
      Naik sampe 3 kali karna penasaran pengen coba semua jalurnya dan ternyata setiap jalur punya kesannya masing-masing, kaya jalan kehidupan gitu ya hehe #apasih
      pemandangan? yes nomor 1 itu Mba, bisa lihat pemandangan seisi kota Cape Town dari atas gunung.. Breathtakingly beautiful 🙂

      Liked by 1 person

    1. Hi Mas/ A/ Kang/ Gan.. 😀 Haturnuhun sudah mampir ke blog si Neng..
      Iya ni si Neng kakinya “gatel” hobinya keliling-keliling berpetualang cari sesuatu yang baru..
      Haturnuhun 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s