South Africa, Traveling

Pinguin cantik khas Afrika Selatan

IMG_7659.jpg

Pinguin??? Beneran pinguin tuh? di Afrika kan panas, mana bisa ada pinguin yang dasarnya aja mereka harus tinggal di tempat dingin.

Baiklah bapak-bapak, ibu-ibu, para hadirin dan para pembaca sekalian. Dengan menempuh perjalanan kurang lebih selama 1 jam dan dengan jarak kurang dari 50km dari Cape Town terdapat sebuah pantai yang bernama Boulders Beach, disana terdapat hampir 3.000 pinguin lucu yang dapat kita temukan. Pinguin-pinguin ini sangat berbeda dengan pinguin yang ada di dataran Antartika, jenis pinguin yang berada di Afrika Selatan memiliki corak hitam putih yang tak beraturan dan sedikit warna merah jambu di atas mata.

Pinguin-pinguin ini memang pinguin khusus khas Afrika Selatan dan Namibia.Yang mana hanya terdapat di Afrika Selatan & Namibia. Dengan puncak musim bertelur dari bulan Maret hingga May di Afrika Selatan dan bulan November hingga Desember di Namibia. Dikarenakan perairan Boulders Beach masih bagian samudera atlantik maka suhu yang dingin sangat cocok untuk mereka tinggal.

penguin-warning

Di sisi pantai terdapat jalan setapak khusus yang mana sisi kanan dan kirinya ialah tempat pinguin-pinguin tinggal, jalan tersebut sudah dipagari secara aman untuk menghindari pengunjung nakal yang akan loncat untuk memasuki area tinggal pinguin tersebut. Meskipun sudah diberi pembatas kita masi dapat melihat secara jelas dengan jarak yang sangat dekat, pinguin pun dapat menghampiri kita akan tetapi kita tidak boleh memberi makan maupun menyentuhnya.

Setelah puas menelusuri jalan tersebut saatnya kembali ke Boulders Beach/ Pantai Boulders, di pantai ini banyak orang menikmati indahnya pantai sambil berjemur dan melihat pemandangan pinguin-pinguin cantik disekitarnya. Pantai ini diberikan nama Boulders Beach karna terdapat formasi bongkahan batuan granit yang sangat besar dan beraneka bentuk. Boulder sendiri yang dapat diartikan sebagai bongkahan batu maka tempat ini dinamakan Boulders Beach. Dikarenakan lokasi pantai ini berada di sisi Samudera Hindia maka air lautnya lebih hangat dibandingkan perairan laut disekitar Cape Town.

Selain melihat pinguin kita pun dapat melihat anjing laut, ikan paus, lumba-lumba. Cara terbaik untuk menikmatinya ialah dengan menaiki perahu/ kayaking. Dengan mengitari lokasi tersebut kita akan melihat banyak binatang-binatang yang sangat lucu.

Boulders Beach ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Meja dan untuk memasuki kawasan pantai akan dikenakan tarif yang sudah disesuaikan, pantai ini buka di sepanjang tahun dan akan buka lebih lama di sepanjang musim panas.

Oh ya satu hal yang menarik tentang pinguin ialah, pinguin merupakan jenis binatang monogami, yang artinya selama hidupnya hanya memiliki satu pasangan tidak akan berpindah ke yang lainnya. ahhhhh so sweet ๐Ÿ™‚

Setelah puas menikmati segala pemandangan yang ada di Boulders Beach lanjutlah mengunjungi Simon’s Town. Jaraknya hanya sekitar 2 km saja. Kota ini merupakan rumah atau area untuk para angkatan laut afrika salatan. Si Neng sangat suka dengan kotanya karena bangunannya terlihat sudah tua dan terjaga rapi, dan si Neng rasa mirip seperti lokasi di film koboi Amerika he he ๐Ÿ˜€

Setelah sedikit berkeliling kota karena lokasinya tidak terlalu luas lanjut pulang ke Cape Town dengan menyusuri jalan Chapmans Peak. Kita akan dibuat takjub dengan tebing bebatuan dan pemandangan laut yang ada. Satu kata yang terucap “AMAZING!”
Persis seperti di film-film yang sangat luar biasa cantiknya.
Ini dia fotonya ๐Ÿ™‚

IMG_20160319_150602622.jpgIMG_20160319_150632625_HDR.jpgIMG_20160319_150558009.jpg

Sangat cantik bukan?

Jadi walaupun mengunjungi lokasi yang berada di Benua Afrika kita masi bisa melihat binatang-binatang yang juga terdapat di Benua Antartika. Dan tentunya kita akan disuguhi pemandangan cantik dari lokasi sekitar yang tentunya pula kita akan dibuat takjub olehnya.

Haturnuhun,

Neng Lita

Xx

 

Sumber:ย https://en.wikipedia.org/wiki/Simon%27s_Town,ย https://travel.detik.com/international-destination/d-2529621/pantai-di-afrika-selatan-ini-jadi-surganya-penguin

2 thoughts on “Pinguin cantik khas Afrika Selatan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s