South Africa, Traveling

Taman Burung Terbesar di Afrika

IMG_5086.jpg

Masih dalam suasana hari libur natal & tahun baru. Libur yang cukup panjang bagi murid sekolah maupun karyawan. Liburan kali ini Si Neng mengunjungi Taman Suaka Margasatwa Burung dan Taman Monyet Terbesar yang berada di Afrika.
Berlokasi di Hout Bay/ Teluk Hout pinggiran kota Cape Town atau menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit dari Cape Town.

IMG_5144.jpg

Taman ini merupakan suaka burung, reptil dan margasatwa, yang mana berfokus pada burung dan monyet. Dengan luas taman sebesar 4 hektar, berjumlah 3.000 binatang yang berasal dari 400 spesies.

Di taman ini kita bisa melihat burung rusa Afrika Selatan dapat hidup satu kandang dan berbagi air minum di kolam yang sama dengan angsa bersayap dari Sub Sahara, atau pula burung kasir Australia tampak “nongkrong” di habitat yang sama dengan kalkun dari Amerika Utara.

Dikarenakan taman ini merupakan taman terbesar di Afrika maka taman ini pun menampung koleksi kaleidoskop aves, mamalia dan reptil dalam lingkungan taman tropis, taman ini memiliki sekumpulan kandang burung dan kandang yang berukuran besar dimana pengunjung dapat masuk ke dalam kandang tersebut dan berjalan mengitari kandang sehingga dapat berinteraksi secara langsung sambil menikmati pemandangan unggas yang berwarna cerah. Kandang-kandang besar ini terhubung dengan kandang lainnya yang mana pengunjung dapat mengitari kandang tersebut dengan hanya membuka pintu satu ke pintu lainnya.

Taman ini juga berfungsi sebagai tempat konservasi. Contohnya ada beberapa burung beo pintar yang diselamatkan dari pemiliknya yang katanya “mengerikan”, burung hantu yang entah kenapa salah satu matanya terlihat tidak berfungsi/ buta. Tempat ini memang sangat berfokus pada pelestarian, pendidikan dan penelitian dengan tujuan untuk menyediakan lingkungan yang sealami mungkin bagi hewan-hewan tersebut.

Selain burung bersayap taman ini juga rumah bagi beragam mamalia dan reptil kecil. Ada beberapa primata karismatik dari seluruh penjuru dunia. Disana ada aneka ragam monyet, tupai monyet, seekor badger madu, alpaca, dll. Anak-anak akan tertarik pula untuk masuk ke dalam kandang kelinci dan kura-kura dan dapat mengelus-ngelus kura-kura tersebut. Hal yang membuat si Neng terharu ketika memasuki kandang kura-kura dimana tiba-tiba ada satu kura-kura yang mendekati dan sepertinya ingin diberi makan, sayang sekali si Neng tidak membawa apa-apa dan kura-kura tersebut terlihat mengeluaran air mata. Maaf! 😦

IMG_5127.jpg
Kura-kuranya nangis 😦

Taman ini sangat cocok bagi anak-anak, kita dapat mengenalkan segala macam burung, monyet dan reptil dan pula mereka dapat berinteraksi dengan hewa-hewan tersebut secara langsung. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun dapat menikmatinya terutama yang menyukai dunia hewan dan photography, dan juga sangat bagus untuk yang sedang melakukan pendidikan/ penelitian.

Kalau si Neng yang berasal dari dataran Asia Tenggara sangat menyukai taman ini karena dapat melihat beberapa hewan lucu yang memang tidak ada di kawasan Asia Tenggara, seperti Alpaca, Burung Unta, Bagder Madu dan juga Pinguin Afrika. Sangat menarik bukan?

Makaaaaa inilah salah satu rekomendasi untuk belibur bersama keluarga dan orang tersayang di Afrika Selatan. Semoga bermanfaat! 🙂

Haturnuhun,

Neng Lita

Xx

 

Sumber: http://www.worldofbirds.org.za/index.php

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s