Life, Sekolah Photography, South Africa

Sekolah photography itu belajar apa aja sih?

Kalau ngomongin dunia photography kayaknya yang ada di benak kita pastinya foto-foto aja yang penting hasilnya bagus.

Ternyata photography itu ada banyak jenisnya loh. Contohnya: Travel Photographer, Food Photographer, Wildlife Photographer, Event & Wedding Photographer, Jewellery & Gem Photographer, Product Photographer, Landscape Photographer, dll. Nah, banyak kan jenisnya, segini baru beberapa aja yang si Neng sebutin.

Terus belajarnya apa aja tuh? kalau cuma foto-foto aja pasti yang dibutuhin cuma kamera aja kan?

Hmmmm… ternyata di sekolah photography itu gak cuma kamera aja yang dibutuhin, tapi pastinya hal utama yang harus dimiliki ialah beberapa lensa, tripod, kertas foto, flashdisk, hard drive, dannn masi segudang peralatan lainnya.

Kenapa si Neng ambil sekolah photography? Jawabannya karna si Neng suka travelling dan paling seneng kalau ngunjungin tempat bagus buat foto-foto, dan juga tertarik sama food photography, karna disaat liat makanan yang dihidangkan secara cantik pasti kita tertarik buat mengambil foto, karna si Neng yakin itu adalah bagian dari karya seni, bukan maksud ambil foto lalu dibagikan di sosial media yang bertujuan untuk “pamer” hehe…

Nah belajarnya apa aja Neng?
Belajarnya banyak!! Setiap hari wajib rasanya bawa minimal 2 buah tas. Tas buat kebutuhan pribadi, tulis menulis, dan juga tas khusus kamera, belum lagi kalau harus bawa tripod, pasti nambahlah berat bawaanya – olahraga 😀

Hasil foto jam 05:30 pagi

Pembelajaran yang pasti di pelajari adalah Teknik Dalam kamera, lalu Lightroom atau Photoshop, karena disaat mengambil gambar tentunya perlu software untuk mempoles hasil karya kita agar terlihat lebih sempurna, lalu yang menarik ialah mempelajari Darkroom, yang mana proses pengambilan foto atau proses pencetakan foto diruang gelap, dulu sih si Neng cuma liat di film-film aja proses seperti itu, ternyata sekarang ngejalanin juga :D, walaupun si Neng sempat “keracunan” di minggu pertama karena proses pencetakan foto menggunakan cairan kimia, dan oalahh aromanya ternyata agak bikin mual, ditambah darkroom ya ruangannya gelap jadi kebayang deh ya gimana prosesnya, tapi lama kelamaan terbiasa juga, apalagi kalau hasil karya kita memuaskan, rasanya ingin terus belama-lama di ruangan tersebut.
Pokoknya ada kesenangan tersendiri disaat kita membuat karya seni dan hasilnya memuaskan, sangat ‘gak bisa terbayarkan deh 😀

IMG_6104.jpg
Hasil karya dari darkroom yang mana hasilnya akan dipamerkan untuk pameran bulan depan 😀

Dan, terlepas dari kemajuan teknologi saat ini kita harus mengingat sejarah, jadi yess si Neng belajar sejarah photography, lalu belajar tentang Proses Kreativitas, nah ini juga menarik karena kita diasah untuk selalu terbuka dengan hal apapun agar kita dapat mendapatkan inspirasi untuk hasil karya kita, selain itu si Neng juga belajar tentang Discourse, ini pun sama seperti Proses Kreativitas tetapi lebih ke teori dan melakukan banyak penelitian tentang seni dan photography tentunya.

Si Neng pun cukup kaget ternyata sekolah photography banyak juga materi yang harus dipelajari, terutama karena si Neng mengambil jurusan Profesional Photography jadi banyak banget materi yang harus dipelajari yang mana tujuan utamanya setelah lulus dapat menjadi photographer yang profesional yang dapat berkarya dibidang manapun seperti yang si Neng sudah disebutkan diatas.

IMG_5775
Dapet model gratis. Sang Singa Laut yang asik berpose.

Ada tantangannya gak ya?

Jelas ada. Contohnya disaat pelajaran Teknik Photography, pastinya selain duduk manis didalam kelas dengan semilir AC kita harus terjun langsung kelapangan dan berinteraksi langsung dengan matahari, karena ya salah satu faktor utama untuk mengambil foto ialah tentang pencahayaan, kebayang kan sekarang sedang puncaknya musim panas tapi harus banyak turun ke lapangan hanya untuk mengetes pencahayaan dan mendapatkan pengaturan yang tepat di kamera kita. Tantangan lainnya disaat kita mendapatkan tugas mengambil foto sunset atau matahari terbit yang mana lokasinya cukup jauh, kebayang kan kalau sunset jam 5:30 dan lokasinya menempuh perjalanan hampir 2 jam, alhasil jam 3 subuh sudah harus bangun dan dengan mata sayu harus mendapatkan hasil foto yang maksimal. Pokoknya banyak tantangannya deh. Asalkan kita menikmatinya pasti itu tidak akan terasa 🙂

 

IMG_5788
Shooting foto selesai. 07:00 am

 

hmmmmm apalagi yah… Banyak rasanya yang ingin dibagi tentang dunia photography tapi kayaknya nanti kita sambung lagi deh yaaaaa 🙂

Haturnuhun,

Neng Lita
Xx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s