Traveling

Proses Schengen Visa dalam 2 hari kerja

Proses visa dalam 2 hari?
Hmmm…. pasti biayanya mahal, pasti pakai fasilitas “Premium”…
Eitssss engga kok.

Semua pakai jalur “ekonomi” dan biayanya bisa dibilang cukup terjangkau alias murah bahkan gak sampai Rp.500.000,-

Wah kok bisa?

Jadi, karena akhir bulan Maret ini si Neng dapet libur selama 2 minggu, alhasil datanglah hasrat untuk berlibur. Kebetulan pas juga waktunya yang bersamaan dengan ulang tahun si Neng. Ciye ulang tahun.. ciye nambah umur.. ciye makin banyak tanggung jawabnya.. hehe

Nah dapatlah ide dari si Akang buat berkunjung ke Eropahhhh, karena si Neng belum pernah kesana jadi ya kenapa engga buat kesana. Si Akang yang uda beberapa kali kesana ya gak se-excited si Neng deh ya…

Berhubung sebagai salah satu syaratnya ialah mendapatkan Schengen Visa, lanjutlah si Neng mempersiapkan dokumentnya.
Untuk proses pembuatannya si Neng melalui jalur VFS, jadi tidak berhubungan dengan pihak kedutaan secara langsung.

Melalui VFS ini sangat mempermudah prosesnya, semua informasi yang dibutuhkan sudah tercantum diwebsitenya dan terdapat lembaran khusus yang isinya tentang semua dokument yang dibutuhkan dan ada kolom checklist, jadi kalau dokument sudah siap kita bisa checklist, jadi ya sangat mempermudah deh ya buat bisa lihat dokument apa saja yang sudah siap dan dokument apa saja yang kurang, dokument ini disebut “Tourist Checklist”.

Jadi, dokument yang dibutuhkan adalah:

  1. Mengisi dan menandatangani formulir Schengen Visa
  2. Menceklist “Tourist Checklist”
  3. Paspor, berlaku untuk jangka waktu minimal 3 bulan setelah hari terakhir pemohon tinggal di negara bagian Schengen. Pastikan paspor memiliki 2 halaman kosong.
  4. Reservasi penerbangan lengkap (nama harus mencerminkan dengan jelas dengan tanggal perjalanan).
  5. Asuransi perjalanan / kesehatan / kecelakaan: polis asuransi yang menyatakan bahwa pemohon dilindungi oleh Asuransi Perjalanan Schengen Travel dengan Belanda yang disebutkan dalam surat Visa. yaitu cakupan medis minimum Rand setara dengan € 30.000,00/ Rp 510.000.000,- untuk semua biaya pengobatan, termasuk pemulangan yang meninggal atau hidup, terjadi di negara Schengen manapun. Surat visa ini harus mencerminkan nama pemohon, jangka waktu penutupan untuk masa menginap penuh
  6. Bukti dana yang cukup (tidak ada uang tunai) untuk masa tinggal – Riwayat transaksi hingga tiga bulan terakhir mendekati tanggal permohonan sebanyak mungkin dengan setiap halaman dicap dari bank dan namanya harus mencerminkan, nominal minimum 34 euro/ Rp 577.000,- per hari..
  7. Surat ketenagakerjaan (di bawah kop surat perusahaan dan ditandatangani) mengkonfirmasikan posisi dan memberikan persetujuan untuk tanggal perjalanan yang tepat pemohon akan keluar dari SA dan gaji untuk mencerminkan. Jika wiraswasta Anda perlu mengirimkan dokumen perusahaan Anda (CK, CC) atau surat dari akuntan Anda yang mengkonfirmasikan bahwa ada dokumen SARS bisnis atau perusahaan. Semua siswa memerlukan surat dari Sekolah (di bawah kop surat sekolah dan ditandatangani) mengkonfirmasikan pendaftaran dan kesadaran akan perjalanan dan akan memulai sekolah setelah selesai / Pelatih Universitas, pelamar untuk memberikan bukti pendaftaran untuk tahun di bawah kop surat universitas.
  8. Fotokopi pemesanan Hotel / voucher / jadwal pelayaran untuk menginap penuh (pemesanan hotel Schengen lainnya juga). Nama pemohon harus mencerminkan dengan jelas (jika dengan nama orang lain: surat yang ditandatangani dari mereka yang mengkonfirmasikan pemohon akan menginap di tempat pemesanan yang sama dan fotokopi KTP/Paspor mereka) Setiap Malam harus dipertanggungjawabkan.
  9. Fotokopi halaman data bio dari paspor.

Dikarenakan si Neng perginya bareng si Akang dan pemesanan hotel atas nama si Akang jadi si Akang pun perlu melampirkan beberapa dokument yang dibutuhkan, seperti:

  1. Fotokopi passport (Di legalisir oleh pihak kepolisian setempat).
  2. Fotokopi sertifikat nikah (Di legalisir oleh pihak kepolisian setempat).
  3. Membuat surat keterangan bahwa si Akang akan mengunjungi lokasi tujuan bersamaan dengan si Neng.

Setelah semua dokument lengkap lanjutlah melakukan pendaftaran di website VFS, hal ini untuk membuat jadwal pertemuan dan menyerahkan semua dokument yang dibutuhkan. Untuk jadwal ini ada dua fasilitas yang ditawarkan seperti jalur ekonomi dan jalur premium. Jalur ekonomi biayanya Rp 890.000,- dan memakan 5 hari kerja, jalur premium ada biaya tambahan Rp 500.000,- dan proses 3 hari kerja.

Syukurnya karena si Akang berkewarganegaraan Inggris dan masi dalam bagian EU (Europe Union) jadi biaya yang si Neng bayar hanya Rp 465.000,- saja, si Neng membayar biaya ekstra Rp15.000,- untuk mendapatkan update via SMS, dan selebihnya biaya ini hanya untuk administrasi, tidak ada biaya tambahan lainnya. Lumayan hemat Rp 465.000,- 🙂

Si Neng menyerahkan dokument di hari Rabu, 14 February dan di hari Jumat 16 February si Neng mendapatkan SMS bahwa visa sudah siap untuk di ambil.
Wow!! Impressive! semua selesai dalam 2 hari kerja. Lebih cepat 3 hari dari yang dijadwalkan.

Passpor pun siap untuk diambil dan si Neng mendapatkan 5 bulan multiple Schengen Visa.

Sekarang saatnya menunggu tanggal keberangkatan. Welcome holiday!!

Haturnuhun,

Neng Lita
Xx

 

4 thoughts on “Proses Schengen Visa dalam 2 hari kerja”

    1. Hi Rissa..
      VFS itu agency yang mengurus visa untuk beberapa negara. Ini untuk referensinya: https://www.schengenvisainfo.com/schengen-visa-countries-list/

      http://www.vfsglobal.com/netherlands/indonesia/schedule-an-appointment.html.

      Kebetulan sy juga blm bekerja karna status masi pelajar, jd harus melampirkan rekening koran punya suami yg biayanya cukup mengcover kalian selama liburan, lalu suami membuat surat formal yg ditujukan kpd embassy dgn isinya bahwa kalian akan liburan bersama dan Rissa menjadi tanggungan suami dan akan kembali ke negara asal sesuai di tiket yg tertera.
      Lalu sertakan surat nikah dan passport suami juga.

      Semoga membantu ya 🙂

      Like

  1. Hai..harlita salam kenal ya….
    Biayanya murah dan prosesnya cepet banget ya…aku baru tau kalo ada 2 jalur. Kemarin apply visa ga diinfokan neh..jadi aku kayaknya pake jalur biasa deh..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s