Culinary, Life

Resep cream cake tanpa gula.

img_5531

Beberapa hari yang lalu si akang baru saja merayakan hari lahirnya. Si akang biasanya kurang suka dengan adanya perayaan khusus atau adanya pesta dengan mengundang beberapa orang. Tetapi saya tetap “gatal” pengen buat sesuatu tanpa harus mengundang orang datang kerumah, cukup perayaan kita berdua aja 🙂 . Alhasil muncullah ide untuk membuat cake. Tapi saya pun harus cari ide bagaimana bisa membuat cake tanpa menggunakan gula sama sekali. Karena kita memang tidak makan gula tambahan hehee

Beruntung saya baru saja pulang mudik dari kampung halamanan tercinta, saya pun memiliki beberapa stock bumbu makanan dan juga bahan kue pandan yang siap untuk dimasak. Kebetulan si akang sangat suka dengan kue pandan/ roti pandan. Satu masalah terselesaikan dengan adanya bahan kue siap masak tersebut. Lalu berfikir lagi untuk cari ide agar dapat membuat cream cake/ whipping cream tanpa adanya gula tambahan. Saya pun browsing-browsing untuk dapat bahan yang pas. Dari info yang saya dapatkan rata-rata selalu menggunakan gula halus di dalam adonannya, lalu saya pun memutuskan untuk tidak menggunakan gula halus.

Setelah ke supermarket saya cukup senang karena menemukan bahan cream yang tidak menggunakan gula dan setelah saya coba rasanya sangat enak, seperti ada rasa kejunya, tidak manis dan juga tidak hambar, pokoknya ini cream ter’enak yang saya pernah coba.

Ini dia bahannya:

img_5495Bahannya cukup 3 jenis saja. Whipping cream yang berbahan dasar susu, sedikit vanilla essence dan peppermint essence untuk memberikan rasa segar. Lalu diaduk menggunakan mixer sampai mendapatkan texture kepadatan yang kita suka. Setelah itu diamkan selama 1 malam di dalam kulkas. Keesokan harinya baru bisa kita gunakan untuk mendekorasi kue yang kita suka.

Sangat mudah bukan 🙂

Membuat kue pandan sendiri sangat mudah. Hanya memerlukan bahan tambahan telur dan mentega cair.

img_5501

Saya tidak bermaksud “endorse” produk P*ndan sendiri tapi memang saya dan si akang sangat suka dengan produk tersebut. Sangat mudah, simple dan rasanya juga enak.
Untuk dekorasi tambahan saya hanya menggunakan keju cheddar parut dan cherry.

Dan inilah hasil akhir dari kuenya.

img_5520

Semoga dapat menjadi inspirasi teman-teman yang ingin membuat kue ulang tahun tanpa ribet 😀

Haturnuhun,

Neng Lita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s