Life, Living in London, Traveling

Menonton pergantian prajurit di Istana Buckingham – Changing of the Guard at Buckingham Palace

18 Januari 2019

Sudah hampir 3 minggu Neng berada di London tapi seperti yang Neng bilang kalau perasaan yang saat ini cukup berbeda dari kedatangan sebelumnya, jadi ya setelah dua minggu lebih disini pun Neng ga ngerasain yang pengen jalan kesana kesini – mungkin belum dapat mood nya 😀
Berhubung dapat permintaan dari si Ade bungsu yang pengen lihat Istana Buckingham lewat Video Call alhasil di hari Senin pagi itu Neng kesana.

Untuk menuju Buckingham Palace sangat mudah untuk naik tube/ kereta bawah tanah, lalu turun di Green Park. Green Park merupakan taman hijau yang cukup luas, tinggal jalan menyusuri Green Park tibalah di ujung jalan Buckingham Palace dan Victoria Memorial.

img_2983

Buckingham Palace, Agustus 2017

Jam 10 pagi tiba disana, langsung lah ber-video call dan tunjukkin bentuk rupa Istana secara digital, walaupun foto-foto dari kunjungan sebelumnya sudah pernah Neng perlihatkan tapi rasanya pengen sensasi yang berbeda kalau video langsung gitu hehe

Saat disana memang agak terasa berbeda, pengunjung kaya lagi nungguin sesuatu.. Ternyata eh ternyata akan diadakan pergantian prajurit yang jaga istana, Neng sendiri belum pernah melihat langsung bagaimana prosesi tersebut dilakukan.

Acara pergantian prajurit ini selama musim dingin diadakan selama 4x dalam 1 minggu, yaitu di hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu, jamnya di jam 11 siang, jadwal sewaktu-waktu bisa berubah, jadi kalau mau tau lebih tepat lebih baik cek jadwal secara online. Para prajurit penjaga istana dan keluarga kerajaan itu disebut Queen’s Guard dan Queen’s Life Guard. Mereka adalah para prajurit infantri dan kavaleri.

1..2..3.. acara pun dimulai!!

Tanda-tanda upacara pergantian penjaga dimulai dengan kehadiran pasukan berkuda Queen’s Guard dan marching band yang mengantarkan kedatangan pasukan penjaga baru dan menjemput pasukan yang lama. Saat pergantian jaga ini, pasukan lama berbaris di sisi utara halaman istana di depan pasukan berkuda, sementara pasukan jaga yang lama berbaris di sisi selatan.

photo
photo-2


Saat pasukan baru datang, suara terompet standar pasukan Queen’s Guard dikumandangkan bersamaan dengan saling memberikan hormat. Selanjutnya, komandan jaga yang baru mendatangi gardu penjagaan utama. Kemudian ia secara resmi membebaskan prajurit yang menjaga gardu itu dari tugasnya.
Momen itu menjadi pertanda bahwa tugas pasukan penjaga yang lama berakhir dan petugas penjaga itu bergabung dengan rekan-rekannya di sisi utara halaman. Selanjutnya pasukan penjaga yang lama meninggalkan halaman istana Buckingham kembali ke barak mereka. Tradisi ini juga dilakukan di beberapa negara, khususnya persemakmuran Inggris, misalnya di Kanada, India, Malaysia. Beberapa negara monarki lainnya di Eropa seperti Swedia, Denmark atau Norwegia.

Yang cukup menarik perhatian sebelum upacara usai grup marching band memainkan lagu Queen – Bohemian Rapsodhy. Dan seketika pengunjung pun ikut menyanyikan lagu tersebut.

photo-3

Acara yang cukup berkesan dan memang hal yang harus di tonton ketika mengunjungi London.

Jadi begitulah teman-teman cerita tentang pergantian prajurit di Istana Buckingham.

Haturnuhun,

Neng Lita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s