Living in London, Traveling

Menjalani Ibadah Puasa di London

IMG_3553
Ahlan wa Sahlan, Marhaban ya Romadon

Salam teman-teman semua!
Ahlan Wasahlan Wa Marhaban Bi Sya’ri Romadhon Syahru Siyam.

Lama tak bersua dan sekarang sudah memasuki bulan ramadan. Waktu memang cepat berlalu yah πŸ˜€

Puasa kali ini cukup berbeda dari puasa sebelumnya, kenapa? karena si Neng dan si Akang baru 4 bulan ini pindah haluan untuk tinggal di London, Inggris. Bulan April sudah memasuki musim semi, yang mana matahari terbit lebih cepat dan terbenam lebih lama. Hmmmmm kalau sudah begini itu artinya waktu puasa pun akan semakin bertambah. Ternyata oh ternyata ya memang betul adanya. Puasa di Inggris khususnya, Β Inggris merupakan bagian dari 10 negara dengan waktu puasa terlama di dunia. Di Inggris sendiri waktu berpuasa kurang lebih 18 jam bahkan sampai 19 jam.

Imsak sendiri rata-rata jatuh di pukul 02:35 pagi dan maghrib pukul 08:40 malam, dan di minggu kedua sudah lebih berat karena imsak pukul 02:30 pagi dan maghrib pukul 09:00 malam bahkan, menjelang idul fitri imsak pukul 02:27 pagi dan maghrib pukul 09:11 malam. Wow!! sungguh pengalaman yang luar biasa. Beruntunglah kamu para muslim yang tinggal di Indonesia karena hanya perlu menjalani puasa dalam waktu kurang dari 14 jam untuk puasa penuh dalam sehari 😬

Lalu bagaimana untuk menjaga stamina agar tetap sehat dan kuat setelah menjalani puasa lebih dari 15 jam? Kalau menurut si Neng cara yang paling ampuh itu ketika sudah berbuka perbanyak air putih dan minum jus andalan sebelum tidur, yaitu jus hijau yang bahannya cukup mudah. Hanya 1 buah timun, 2 iris lemon, 3 buah batang seledri, tambahkan air sedikit dan semua bahan-bahan di jus jadi satu. Jus ini sangat baik untuk membersihkan usus dari lemak/ kotoran jahat dan juga untuk menjaga agar badan tidak dehidrasi.

Kalau sedang tidak berpuasa jus ini sangat bagus untuk diminum pagi hari sebelum sarapan atau sebelum tdiur, dijamin lemak membandel pun akan cepat luntur hehehe..

Lalu karena si Neng tidak makan gula jadi ketika berbuka puasa sedikit makan manis-manis seperti kolak atau teh manis, jadi cukup air putih hangat, kurma atau buah-buahan yang mengandung gula. Berbuka puasa kemarin si Neng membuat bubur kacang hijau, lalu sebagai pengganti gula si Neng memakai gula pengganti yang rendah lemak dan kalori. Jadi walaupun kita berpuasa, tapi ketika berbuka makanan yang kita makan tidak dijaga sepertinya itu hanya akan membuat kita sakit karena usus kita “tertidur” selama kita berpuasa dan tiba-tiba dikasi pekerjaan berat dadakan disaat berbuka. Jadi pilihlah makanan yang baik untuk tubuh ya teman-teman, agar selalu sehat dan bugar dalam menjalani ibadah puasa ini 😊

Kalau kalian gimana? ada menu favorit untuk berbuka tidak?
Sharing ya makanan favorit kalian apa dan tips apa yang kalian jalani agar tetap kuat selama menjalani ibadah puasa walaupun jawaban yang paling utama ialah karena niat menjalaninya karena Allah SWT πŸ™‚

Haturnuhun,

Neng Lita

Selamat berpuasa!!!!!!!!!!!!!!!

3 thoughts on “Menjalani Ibadah Puasa di London”

  1. Neng harlita apa kabar? Semoga sehat2 terus di Inggris ya. Kalo aku tiap buka puasa gak bisa lepas dari lontong+sambel kacang. Susaaaah banget untuk gak makan itu saban waktu buka tiba hehehehe…..
    Kalo resep biar bugar pas puasa, gak punya resep khusus. Yg pasti abis makan sahur mesti minum air hangat supaya lemak2 sisa gorengan dll di tenggorokan bisa luntur jadi gak berasa cepet haus hihi

    Like

    1. Alhamdulillah kabar baik Mba Imelda, kabar Mba Imelda gmn? semoga selalu diberi kesehatan dan kemudahan buat menjalankan ibadah puasanya ya… Wahhhh Jadi buat lontong tp belum kesampaian hiks..
      Air hangat selalu jd andalan yah Mba πŸ˜€
      Selamat berpuasa mba!

      Liked by 1 person

      1. Alhamdulilah kabarku sekeluarga baik Har. Terima kasih doanya ya. Waduh lontong+sambel kacang is the best ya Har, Kalo di Indo, saban 5 meter orang pada ngegelar lapak jual gorengan+lontong+sambel kacang. Selamat puasa ya, semoga genap sampai ketemu Lebaran kita semua. Amiiiin…..

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s