Living in London, Traveling

The Queen’s House. Rumah yang sudah berusia 400 tahun.

photo-8
The Queen’s House tampak depan

The Queen’s House berlokasikan di Greenwich, London. Queen’s House merupakan bekas kediaman kerajaan yang dibangun antara 1616 dan 1635, arsiteknya bernama Inigo Jones yang merupakan arsitek terkenal di jaman tersebut. Inspirasi untuk mendesain rumah ini ia dapatkan dari perjalanannya saat ia ke Italy. Rumah ini pun menjadi bangunan klasik pertama di Inggris.

photo
Tampak samping The Queen’s House

Rumah ini merupakan pemberian untuk Ratu Anne dari suaminya yaitu Raja James I. Anne of Denmark sebelumnya seorang permaisuri kerajaan Skotlandia, Inggris lalu dinikahi oleh Raja James IV dan I. Pembangunan rumah ini dimulai pada tahun 1616 akan tetapi terhenti ditahun 1618 karena Anne sakit dan meninggal di tahun 1619. Sangat disayangkan ia belum dapat menempati rumah tersebut.

photo-2photo-3

Lalu rumah ini diberikan kepada Permaisuri Henreitta Maria, ia adalah istri dari Raja Charles I. Pembangunan pun selesai di tahun 1635. Akan tetapi, penggunaan rumah ini cukup singkat, tidak sampai 7 tahun, hal ini dikarenakan adanya Perang saudara yang dimulai pada tahun 1642. Disaat perang ini terjadi, di tahun 1643 Henreitta melarikan diri dan Raja Charles I di eksekusi pada tahun 1649 tanah miliknya dan karya seni dari rumah itu pun dijual.

Raja Charless II tertarik dengan rumah ini lalu ia beli dan ia renovasi dan ia perluas bangunannya, renovasi ini dikenal dengan Queen’s Presence Chamber atau dalam bahasa indonesia artinya Ruang Kehadiran Ratu. Langit-langit ruangan tersebut dilukis dengan sangat indah.

img_3933
Queen’s Presence Chamber

Dari tahun 1934 rumah ini menjadi bagian dari National Maritime Museum yang terletak persis di sebelah bangunan rumah ini. Yang diresmikan oleh Raja George VI di tahun 1937 yang merupakan acara pertama yang dibuat untuk umum dan yang pertama dihadiri oleh Putri Elizabeth (Sekarang menjadi Ratu Elizabeth II). Rumah itu menjadi tempat tinggal selama perang dunia kedua, ketika itu menampung layanan angkatan laut kerajaan. Rumah itu hanya mengalami kerusakan kecil dalam serangan bom yang menghancurkan daerah setempat.

Saat ini rumah ini menjadi Gallery Seni. Pun menjadi rumah bagi koleksi karya seni hebat, termasuk lukisan karya William Hodges, George Stubbs, Hans Holbein, William Hogarth dan Thomas Gainsborough. Ada juga banyak koleksi karya seniman maritim Belanda, Van de Veldes, yang memiliki studio di sini selama 20 tahun, dimulai pada 1670-an.

Desain asli dari Inige Jones pun tidak berubah, fitur desain asli Inigo Jones masih dapat dilihat di Aula Besar, yang merupakan bentuk kubus yang sempurna, dan Tangga Tulip, serta lantai marmer yang khas dengan pola geometris hitam dan putih.

img_3926

photo-4
The Tulip’s Stairs

Tangga ini meniru model Venesia walaupun disebut sebagai tangga bunga tulip akan tetapi ini lebih menunjukkan ke bunga lili, simbol bunga kerajaan Perancis, sebagai pujian untuk Henreitta Maria. Struktur besi tempa yang penuh hiasan ini adalah tangga spiral mandiri geometris pertama di Inggris. Itu juga merupakan lokasi foto ‘hantu’ terkenal Rev R. W. Hardy yang diambil pada tahun 1966, yang tampaknya menunjukkan dua atau tiga sosok yang terselubung di tangga – sebuah fenomena yang belum pernah dijelaskan secara logis hingga hari ini. Hmmmm kok jd merinding yah haha

Baiklah, segitu cerita dari si Neng tentang The Queen’s House. Semoga si Neng bisa mengunjungi tempat-tempat sejarah lainnya di Inggris sini ya dan terus berbagi cerita ke kalian semua πŸ˜€
Untuk teman-teman yang ingin menonton vlog tentang perjalanan si Neng kesini silahkan di tontonΒ disini yah πŸ™‚

Dan juga terus semangat buat teman-teman semua yang sedang menjalankan ibadah puasa, semoga selalu diberi kesehatan dan kemudahan dalam menjalankan ibadahNya. Amin Ya Robbal Alamin πŸ™

Haturnuhun,

Neng Lita

2 thoughts on “The Queen’s House. Rumah yang sudah berusia 400 tahun.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s